Sabtu, 07 Januari 2012

2 Pesawat Antariksa NASA Mengitari Bulan

Siapa yang tidak mengenal National Aeronautics and Space Administration atau yang sering disebut NASA ?. Seperti yang di kutip oleh voanews.com hari senin 2/01 lalu bahwa NASA atau badan antariksa Amerika  merayakan tahun baru dengan mengitari bulan menggunakan dua buah pesawat antariksa. Misi ini bertujuan untuk mengkaji medan magnet bulan serta struktur di dalamnya.


Kedua pesawat tak berawak ini diberi nama Gravity Recovery dan Interior Laboratory atau GRAIL yang diluncurkan pada bulan september lalu. GRAIL A mengorbit bulan pada hari sabtu lalu disusul GRAIL B pada hari minggu. Kedua pesawat ini dijadwalkan akan menghabiskan waktu selama 90 hari mengorbit bulan dan mengumpulkan data untuk memetakan medan magnet bulan secara lengkap dengan resolusi yang tinggi.


Menurut para ilmuwan data tersebut akan digunakan untuk mengetahui apa yang terjadi dibawah permukaan bulan dari kulit sampai inti. Maria Zuber peneliti utama misi ini seperti yang dikutip voanews.com mengatakan proyek GRAIL ini menulis kembali buku mengenai evolusi bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More